FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRI
Jl. Dr. Moh. Ali Komp. RSMH Palembang 30126
Palembang Sumatera Selatan
TELP  0711-373438

Sub Spesialis Penyakit Dalam

VISI

Menjadi pusat pendidikan, pelayanan, penelitian dan pengembangan kesehatan subspesialisasi ilmu penyakit dalam terkemuka di tingkat nasional pada tahun 2020.

 

MISI

  1. Melaksanakan Pengembangan, Penyerapan, Penapisan, Penerapan Iptekdokkes dalam Menunjang Pembangunan Daerah dan Nasional.
  2. Menghimpun, Mendayagunakan dan Menyebarluaskan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran.
  3. Meningkatkan aktivitas penelitian yang berdaya saing dan berkualitas internasional
  4. Menghasilkan SDM dalam Bidang Kedokteran dan Kesehatan yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME, yang Secara Mandiri atau Bersama-sama dapat Mengembangkan, Menyerap dan Menerapkan Iptekdokkes Sesuai Tuntutan Pelayanan Kesehatan dalam Masyarakat dan Pembangunan Daerah, Nasional dan Global.

 

 KOMPETENSI PRODI

  1. Pengetahuan medik (medical knowledges).
  2. Pelayanan pasien (patient care).
  3. Ketrampilan interpersonal dan komunikasi (interpersonal and communication skills) 
  4. Pembelajaran berbasis kompetensi ilmu penyakit dalam 
  5. Praktik berbasis sistem (system-based practice). 
  6. Profesionalisme (professionalism) .
  7. Ketrampilan melakukan penelitian.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

1.    Sikap dan tata nilai

Lulusan dokter spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam mampu Bersikap dan berperilaku yang berke-Tuhan-an dalam mengaplikasikan ilmu kedokteran, khusunya pada bidang ilmu dokter spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam sesuai dengan standar nilai moral yang luhur, prinsip dasar etika dan kode etik kedokteran

2.    Penguasaan pengetahuan ilmu penyakit dalam kekhususan

Lulusan dokter spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam mampu memanfaatkan teknologi informasi, komunikasi informasi kesehatan dan prinsip-prinsip ilmu penyakit dalam secara khusus serta konsep teoritis dan filsafat ilmu penyakit dalam kekhususan dalam mengaplikasikan tugas sehari-hari sebagai dokter spesialis penyakit dalam konsultan.

3.    Keterampilan dalam bidang kekhususan ilmu penyakit dalam

Lulusan dokter spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam mampu menguasai konsep teoritis prosedur diagnosis, prosedur klinis, interpretasi hasil auto-, allo- dan hetero-anamnesis, pemeriksaan fisik, penatalaksanaan dan interpretasi pemeriksaan penunjang, tindakan medis preventif, kuratif dan rehabilitatif, tindakan medis pada kedaruratan klinis

4.    Wewanang dan tanggung jawab

Lulusan dokter spesialis 2 Ilmu Penyakit Dalam mampu menjalankan tugasnya sebagai seorang dokter spesialis penyakit dalam konsultan yang bertanggung jawab dan berperan dalam masyarakat secara benar dan beretika.