FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRI
Jl. Dr. Moh. Ali Komp. RSMH Palembang 30126
Palembang Sumatera Selatan
TELP  0711-373438

Ilmu Kesehatan THT-KL

VISI

Menghasilkan Dokter Spesialis THT-KL Indonesia dengan kemampuan akademik professional bertaraf internasional dan mampu bersaing secara global sehingga mampu menjadi pemandu dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan di bidang kesehatan kedokteran yang profesional dan bermutu

 

MISI

  1. Mempersiapkan peserta didik menjadi spesialis THT-KL yang berkualitas dan profesional yang siap bersaing baik nasional maupun global.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan serta profesionalisme peserta didik sehingga dapat menghasilkan dokter spesialis THT-KL yang dapat mengembangkan keilmuan secara berkelanjutan di bidang THT-KL secara mandiri.
  3. Meningkatkan pelayanan kesehatan di bidang penyakit THT-KL sebaik mungkin sesuai dengan standar nasional maupun global dan berorientasi pada kebutuhan pasien.  

 

KOMPETENSI PRODI

Kompetensi Kemampuan Klinis

Tingkat kemampuan yang diharapkan dicapai pada akhir pendidikan Dokter Spesialis THT-KL:

Tingkat kemampuan 1

Dapat mengenali dan menempatkan gambaran-gambaran klinik sesuai penyakit tersdebut ketika membaca literatur Dalam korespodensi ia dapat

mengenali gambaran klinik  ini, dan mengetahui bagaimana mendapatkan informasi lebih lanjut level ini mengidikasikan overview level bila

mengahadapi pasien dengan gambaran klinik ini dan menduga penyakitnya . Dokter segera merujuk.

 

Tingkat kemampuan 2

Mampu membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan –pemeriksaan tambahan yang diminta oleh dokter

misalnya:pemeriksaan laboratorium sederhana atau x-ray) dokter mampu merujuk pasien secepatnya ke spesialis yang relavan dan mampu

menindaklanjuti sesudahnya

 

Tingkat kemampuan 3

3a.  Mampu membuat diagnosis klinik berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan –pemeriksaan tambahan yang di minta oleh dokter misalnya : pemeriksaan laboratorium sederhana atau x-ray). Dokter dapat memutuskan dan memberi trapi pendahuluan ,serta merujuk kespesialisyang relavan (bukan kasus gawat darurat)

3b. Mampu membuat diagnosis klinis berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan-pemeriksaan tambahan yang diminta oleh dokter misalnya: pemeriksaan laboratorium sederhana atau xc-ray). Dokter dapat memutuskan dan memberi terapi pendahuluan serta merujuk ke spesialis yang relavan (kasus gawat darurat)

 

Tingkat kemampuan 4

Mampu membuat diagnosis klinik berdasrkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan-pemeriksaan tambahan yang diminta oleh Dokter misalnya:

pemeriksaan laboratorium sederhana atau x-ray). Dokter memutuskan dan mampu menangani problem itu secara mandiri hingga tuntas.

 

Kompetensi Operatif/Tindakan Bedah

Tingkat kemampuan yang diharapkan dicapai pada akhir pendidikan Dokter Spesialis THT-KL:

Tingkat kemampuan 1: Mengetahui dan menjelaskan  

Lulusan dokter memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan ini , sehingga dapat menjelaskan kepada teman sejawat, pasien maupun klien

tenteng konsep teori prinsip maupun indikasi serta cara melakukan komplikasi yang timbul dan sebagainya

 

Tingkat kemampuan 2: Pernah melihat atau pernah di demostrasikan 

Lulusan dokter memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan ini ( baik konsep, teori,prinsip maupun indikasi , cara melakukan ,komplikasi dan

sebagainya). Selain itu selama pendidikan pernah melihat atau pernah didemonstrasikan keterampilan ini.

 

Tingkat kemampuan 3 : Pernah melakukan atau pernah menerapkan di bawah Suvervisi

Lulusan dokter memiliki pengetahuan teoritis mengenai keterampilan ini (baik konsep, teori, prinsip maupun indikasi, cara melakukan , komplikasi dan

sebagainya). Selama pendidikan pernah melihat atau pernah didemonstrasikan keterampilan ini , dan pernah menerapkan keterampilan ini berapa kali

di bawah supervise. 

 

Tingkat kemampuan 4: Mampu melakukan secara mandiri

Lulusan dokter memiliki kemampuan teoritis mengenai keterampilan ini (baik konsep, teori, prinsip maupun indikasi , cara melakukan komplikasi dan

sebagainya). Selama pendidikan pernah melihat atau pernah didemonstrasikan keterampilan ini , dan pernah menerapkan keterampilan ini bebetapa

kali di bawah suversi  serta memiliki pengalaman untuk menggunakan dan menerapkan keterampilan inp dalam konteks praktik dokter secara mandiri  

CAPAIAN PEMBELAJARAN