Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke 57 Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya

 

 

Dalam rangka Dies Natalis ke 57 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar sidang senat terbuka yang berlangsung di Graha Sriwijaya Bukit Besar Palembang, Kamis (3/10/2019). Sidang senat tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Senat dr. Elza Iskandar, SpM (K) .

Ketua Panitia dr. Yoan Levia Magdi, SpTHT-KL (K) dalam laporannya menyebutkan beberapa rangkaian acara Dies ke 57 FK yang telah diselenggarakan yaitu kegiatan pekan olahraga diantaranya pertandingan futsal dan tenis meja, kemudian bakti sosial di desa sementul dengan melakukan kegiatan sunatan masal, pemeriksaan gigi, dan pemeriksaan skrining pada anak. Selain itu telah diselenggarakan juga simposium dan workshop EKG. Sementara acara puncak akan digelar pada hari minggu dengan beberapa kegiatan yaitu, jalan sehat, gowes dan temu broyot di Griya Agung.

Pada kesempatan itu, Dr. Eka Viora, SPKJ menyampaikan orasi ilmiahnya yang diberi tema “Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan untuk Menunjang Kualitas Pendidikan Profesi Kesehatan di Era Revolusi 4.0"

Ada tiga topik bahasan yang disampaikan oleh Dr. Eka yaitu, yang pertama tentang perubahan paradigma dan tantangan pelayanan kesehatan yang beorientasi pada budaya mutu dan keselamatan. Yang kedua terkait bagaimana mengintegrasikan penyelenggaraan pendidikan klinis mahasiswa kedokteran, program pendidikan Dokter Spesialis dan peserta pendidikan tenaga kesehatan profesional lainnya ke dalam kegiatan operasional rumah sakit. Selanjutnya bahasan yang ketiga terkait dengan bagaimana implementasi digitalisasi kesehatan di era revolusi 4.0 dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

Di hari yang sama juga dilakukan pemberian piagam penghargaan dan tanda terimakasih kepada dosen dan tenaga kependidikan purna bakti sebanyak 11 orang. Piagam penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Dekan FK, dr. Syarif Husin, MS. Didampingi para Wakil Dekan dan Direktur RSMH.

Turut hadir pada acara Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke 57 FK unsri, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Walikota Prabumulih, Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Direktur RSMH, para dosen, mahasiswa dan tamu undangan lainnya.(Ara)